HASIL AKREDITASI
SIMAK ONLINE
SIMAK MINIMUM
SIMPEL ONLINE

Alur & Tahapan Akreditasi LAM-PTKes

  1. Alur Proses Pengajuan Akreditasi di LAM-PTKes

 

Shape

      1. 1. Bagaimana tahapan akreditasi di LAM-PTKes 

       

       

        1. a. Prodi sebaiknya melakukan registrasi segera setelah melakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran. 

        1. b. Fasilitasi diberikan selama 3 bulan, dengan hanya 1 kali perpanjangan masa fasilitasi. Sehingga maksimal masa fasilitasi hanya 4 bulan sesuai dengan Peraturan Pengurus Perkumpulan LAM-PTKes No. 008/PP/09.2018 tentang Fasilitator.

        1. c. AK (Asesmen Kecukupan) selama 1 minggu setelah pemberian asesor. 

        1. d. AL (Asesmen Lapangan) selama 3 hari untuk prodi Vokasi, Akademik, dan Spesialis atau 4 hari untuk prodi profesi. Tanggal AL ditentukan diantara 2 minggu setelah AK selesai.  

        1. e. Validasi dilakukan dalam rentang waktu 7 hari  

        1. f. Majelis dilakukan minimal 1 bulan sekali.  

      Kesimpulan: 

      • Setelah selesai masa fasilitasi, waktu yang dibutuhkan Prodi untuk menunggu hasil Akreditasi (sampai dengan selesai sidang majelis) adalah kurang lebih 3-4 minggu.
      • Prodi bisa mempersingkat waktu akreditasi dengan mempercepat proses fasilitasi, yaitu aktif dalam proses revisi borang/dokumen kinerja sehingga masa fasilitasi bisa kurang dari 3 bulan.
      1. 2. Bagaimana jika Prodi ingin mendapatkan Sertifikat Akreditasi lebih cepat? 

      1. 3. Maksimal pengajuan banding? 

        • Prodi dapat mengajukan Banding dalam rentang waktu 3 bulan setelah mendapatkan SK (dapat dilihat di Akun SIMAK Prodi). Hanya saja Prodi wajib sesegera mungkin mengajukan banding dan mengupload dokumen banding dikarenakan proses pencetakan sertifikat yang sudah dimulai sebelum 3 bulan tersebut. Prodi tidak boleh mengulur waktu pengajuan sampai dengan batas terakhir maksimal peng-upload-an.