HASIL AKREDITASI
JURNAL ILMIAH
GLOSARIUM AKREDITASI

Detail Berita

Pengembangan Mutu Pendidikan Tinggi Bidang Kesehatan menuju Mutu Internasional

Berita Admin 27-10-2023


Jakarta, 24 Oktober 2023 – Setelah melewati masa pandemi Covid 19, untuk pertama kalinya Perkumpulan LAM-PTkes kembali menggelar kegiatan Seminar Nasional dan Klinik Akreditasi secara luring, setelah tiga tahun rehat dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan. Kegiatan Seminar Nasional dan Klinik Akreditasi 2023 ini diselenggarakan di Hotel Ra Suites Simatupang, Jakarta pada 18-19 Oktober 2023. Tingginya antusiasme dari para pemangku kepentingan yang ingin meningkatkan mutu pendidikan program studinya, serta kuatnya minat program studi untuk mengenali kelemahan dan kekuatan masing-masing untuk dapat terakreditasi secara internasional, telah menjadi pendorong LAM-PTKes untuk memberikan wadah pembelajaran dan berdiskusi sehingga program studi mampu mencapai mutu pendidikan yang lebih optimal.

Seminar Nasional ini telah dibuka oleh sambuatan dari Ketua LAM-PTKes yaitu Prof. Usman Chatib Warsa, kemudian dilaksanakan pemukulan gong oleh Direktur Jenderal Dikti yaitu Prof. Ir. Nizam, M.Sc.,DIC.,PhD. Setelah sesi pembukaan dilanjutkan dengan sesi panel pemaparan materi dari narasumber serta tanya jawab. LAM-PTKes menghadirkan beberapa narasumber yang luar biasa, yaitu:

1. Direktur Jenderal Dikti – Prof. Ir. Nizam, M.Sc.,DIC.,PhD 

2. Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan – Dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes

3. Anggota MA BAN-PT – Prof. T. Basaruddin, M.Sc., PhD

4. Sekretaris LAM-PTKes – Prof. Dra. Elly Nurachmah, MAppSc., DNSc

5. Perwakilan LAM-PTKes – Prof. Dr. Besral, M.Sc

6. Perwakilan YLKI – Dra. Indah Suksmaningsih

7. Presiden ISMKI – Febrian Rizky Arilya

Materi dari para narasumber yang menarik membuat antusias dari peserta menjadi meningkat, terutama disaat sesi tanya jawab, para peserta yang hadir telah mampu menghidupkan sesi tanya jawab.


Setelah kegiatan Seminar Nasional berakhir, dilanjutkan dengan sesi Klinik Akreditasi. Klinik Akreditasi dibagi menjadi 8 kelas sesuai dengan masing-masing bidang ilmu. Para peserta telah dibagi ke masing-masing kelas untuk berdiskusi dan mendalami proses akreditasi di LAM-PTKes. Seorang tutor/pembimbing dan kepala divisi bidang ilmu terkait telah dilibatkan serta mengawali kegiatan berbagi ilmu di setiap kelas. Dengan pendekatan seperti itu diharapkan program studi dapat bertanya langsung ke tutor dan kepala divisi LAM-PTKes terkait kendala-kendala yang dihadapi sejak persiapan sampai menjalankan proses akreditasi. 


Besar harapan LAM-PTKes bahwa dimasa yang akan datang, program studi di Indonesia memiliki kemampuan yang tinggi untuk selalu mengedepankan mutu pendidikan yang unggul serta mendapat pengakuan tingkat internasional.