HASIL AKREDITASI
JURNAL ILMIAH
GLOSARIUM AKREDITASI

Detail Berita

KEGIATAN SOSIALISASI SISTEM AKREDITASI BESERTA RAPAT KERJA TRIWULAN I LAM-PTKes

Berita Admin 13-03-2019

Perkumpulan LAM-PTKes yang telah beroperasi sejak 1 Maret 2015 telah menghasilkan penetapan status akreditasi sampai dengan tanggal 5 Maret 2017 sebanyak 1207 program studi kesehatan dalam bentuk Surat Keputusan dan Sertifikat Akreditasi LAM-PTKes. Namun pada kenyataannya, masih terjadi hambatan bagi lulusan program studi kesehatan yang akan melamar sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun yang akan melakukan penyesuaian ijazah dalam jenjang kepangkatan atau promosi karena Badan Kepegawaian Negara (BKN) atau Badan Kepegawaian Daerah (BKD) belum memberi pengakuan terhadap status akreditasi yang dikeluarkan oleh LAM-PTKes.


Dalam rangka diseminasi informasi tentang pendidikan tenaga kesehatan di Indonesia dan Sistem akreditasi yang berlaku saat ini kepada pemangku kepentingan yang terkait dengan LAM-PTKes, maka pada tanggal 25-26 April 2017, Perkumpulan LAM-PTKes menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Sistem Akreditasi Pendidikan Tinggi Kesehatan beserta Rapat Kerja Triwulan I LAM-PTKes di Hotel Grandhika Iskandarsyah, Jakarta.


Kegiatan ini mengundang berbagai narasumber mulai dari Dirjen SDM IPTEK Dikti Kemenristekdikti, Perwakilan Dirjen Bina Bangda Kemendagri, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Majelis Akreditasi BAN-PT, dan dari Internal LAM-PTKes. Peserta kegiatan ini meliputi antara lain perwakilan-perwakilan dari BKN Regional I-VI, BKD Jawa Barat, Koordinator Kopertis Wilayah III, Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Rapat Anggota LAM-PTKes, Pengawas LAM-PTKes, Majelis LAM-PTKes, Pengurus LAM-PTKes, dan Ketua Divisi LAM-PTKes.


Antusiasme dari Pembicara dan peserta kegiatan Sosialisasi sangat baik terlihat dari responnya yang positif terhadap keberadaan LAM-PTKes.


Tindak lanjut dari kegiatan ini yaitu LAM-PTKes akan mengedarkan surat perihal keberadaan LAM-PTKes kepada stakeholder terkait misalnya Kemenristekdikti, Kemendagri, Kopertis, dan lain sebagainya.


Rangkaian kegiatan Sosialisasi juga dilakukan bersamaan dengan Kegiatan Rapat Kerja Triwulan I LAM-PTKes. Kegiatan ini untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan yang telah berjalan selama 3 bulan pada 2017 beserta dengan revisi perencanaan kegiatan yang akan dilakukan selama tahun 2017. Harapannya dengan dilakukannya kegiatan ini akan menambah semangat kerja tim dan profesionalisme seluruh komponen LAM-PTKes ke depannya. [DAP,2017]