HASIL AKREDITASI
JURNAL ILMIAH
GLOSARIUM AKREDITASI

Detail Berita

Pelatihan Asesor Internasional LAM-PTKes oleh GMCSI, United Kingdom

Berita Admin 17-05-2023

Seiring perkembangan jaman, mutu Pendidikan di dunia global pun ikut berkembang. Berdasarkan data yang dipublikasi oleh World Population Review, pada tahun 2021 lalu Indonesia masih berada di peringkat ke-54 dari total 78 negara yang masuk dalam pemeringkatan tingkat pendidikan dunia.1

Dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan Kesehatan tersebut, LAM-PTKes sebagai lembaga akreditasi untuk program studi kesehatan di Indonesia mulai menapaki Langkah menuju tingkat internasional. Merujuk pada visi Perkumpulan LAM-PTKes untuk mewujudkan Lembaga akreditasi bertingkat global dan telah direkognisinya Perkumpulan LAM-PTKes oleh World Federation for Medical Education (WFME), serta adanya permintaan akreditasi dari Lembaga atau Fakultas Kedokteran Luar Negeri untuk diakreditasi oleh Perkumpulan LAM-PTKes, maka perlu persiapan untuk melakukan akreditasi internasional tersebut. Salah satu persiapannya yaitu melatih asesor agar memiliki kompetensi asesor berstandar internasional. Pelatihan ini bekerjasama dengan General Medical Council (GMC), United Kingdom.
 

Pelatihan asesor internasional ini dilaksanakan pada tanggal 8-11 Agustus 2022 di Jakarta yang dilakukan oleh tim pelatih professional dari Inggris yaituGeneral Medical Council Services International (GMCSI).GMCSI merupakan sebuah Lembaga yang memberikan pengetahuan dan keahlian seputar pelatihan medis hingga kerangka peraturan. Trainer pada kegiatan Pelatihan ini yaitu Helen Featherstone, James Field, dan Robin Benstead. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 24 peserta asesor dalam negeri dan juga 4 orang peserta luar negeri yaitu 2 orang dari Malaysia dan 2 orang dari Thailand.

 

Diharapkan dengan adanya kegiatan pelatihan ini dapat menghasilkan asesor-asesor yang kompeten dan berstandar internasional untuk melakukan akreditasi internasional, sesuai dengan salah satu visi LAM-PTKes untuk dapat melangkah ke kancah Internasional.

Sumber 1 :
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/01/24/hari-pendidikan-internasional-bagaimana-tingkat-pendidikan-di-indonesia-saat-ini