HASIL AKREDITASI
JURNAL ILMIAH
GLOSARIUM AKREDITASI

Detail Berita

Kunjungan tim IAAHEH ke Hills College of Medicine (HCOM) Republic of Vanuatu

Berita Admin 14-06-2023

Kunjungan tim IAAHEH ke Hills College of Medicine (HCOM) Republic of  Vanuatu



Vanuatu merupakan negara kepulauan yang memiliki luas 12 ribu kilometer persegi dengan populasi penduduk sebanyak 307 ribu jiwa dan beribukota di Port Villa. Negara ini  terletak di sebelah timur Australia, sebelah barat Fiji, serta sisi selatan Kepulauan Solomon. Penduduk asli Vanuatu adalah orang Melanesia, satu rumpun dengan orang-orang Papua di Indonesia, Aborigin di Australia, sebagian warga Timor Leste dan Papua Nugini, serta masyarakat asli negara-negara di kawasan Pasifik Selatan lainnya seperti Fiji, Kepulauan Solomon, Kaledonia Baru, hingga Samoa. Vanuatu merayakan kemerdekaan atas pendudukan Prancis dan Inggris pada 30 Juli 1980. 1



 Sesuai visi IAAHEH menjadi Lembaga yang diakui secara internasional maka salah satu kegiatannya yaitu melakukan akreditasi program studi Pendidikan Kesehatan tingkat internasional. Pada akhir tahun 2021, IAAHEH mendapat permintaan akreditasi internasional pertama dari Hill’s Medical College di Vanuatu. Setelah melalui komunikasi secara intens, tim IAAHEH yang terdiri dari 3 asesor yaitu Dr. Soegianto Ali (Ketua Tim), Assoc Prof. Titi Savitri, dan Prof. Elly Nurachmah telah melakukan kegiatan awal dari proses akreditasi ini yaitu melakukan sosialisasi standar mutu penilaian pendidikan kedokteran yang akan digunakan sebagai landasan penilaian nanti.
Perjalanan dimulai dari tanggal 8 Sampai 14 Mei 2023. Tujuan dilakukannya visitasi ke Hill’s College of Medicine (HCOM) kali ini adalah selain untuk  mensosialisasikan prosedur akreditasi dan instrumen akreditasi internasional namun juga sebagai proses nurturing tentang kesiapan HCOM untuk melakukan akreditasi.



 



Setelah melakukan peninjauan dan mendapat gambaran langsung terkait keadaan di Hill’s Medical College, tim IAAHEH kembali ke Indonesia dan melakukan rapat evaluasi untuk membahas proses nurturing yang telah dilakukan ke HCOM di Vanuatu dan rencana tindak lanjutnya. Diharapkan kegiatan akreditasi terhadap HCOM dapat menjadi batu loncatan IAAHEH untuk dapat mengakreditasi program studi kesehatan di negara lainnya, khususnya di Kawasan Asia.


Sumber: https://tirto.id/sejarah-vanuatu-dan-dukungannya-terhadap-kemerdekaan-papua-efhx